Unitrac
0 30.246

Unitrac

Kapsul
PT Dankos Farma
Lain-lain
Beri rekomendasi

Indikasi:
- Kandidiasis vulvovaginal, kandidiasis mulut. - Dermatofitosis (Tinea kruris, Tinea korporis, Tinea pedis, Tinea manus, Tinea kapitis). - Pitiriasis versikolor. - Fungal keratitis.

Kontra Indikasi:
- Kehamilan dan wanita usia subur yang tidak menggunakan bentuk kontrasepsi yang adekuat. Bilamana diberikan pada masa subur, wanita tersebut harus disertai dengan pencegahan kehamilan yang pemberiannya diteruskan selama satu siklus haid setelah terapi dihentikan. - Penyakit hati. - Hipersensitifitas terhadap itraconazole dan golongan triazole lain.

Komposisi:
Tiap kapsul mengandung:
Itraconazole 100 mg

Farmakologi:
Unitrac (itraconazole) merupakan antimikotik golongan triazole yang berspektrum luas. Spektrum aktivitas anti jamur dari Unitrac mencakup Dermatofit (Microsporum, Trikofiton dan Efidermofiton sp.), ragi (Kandida sp., Pityrosporum sp.), jamur dimorfik dn Aspergilus sp.
Mekanisme kerja dari Unitrac adalah dengan cara dengan menghambat ergosterol, yaitu komponenterpenting dalam membran sel jamur. Dengan pemberian per oral, absorpsi dari Unitrac akan maksimal bila diberikan setelah makan.
Dosis tunggal 100 mg akan memberikan kadar puncak plasma sebesar 150 - 250 ug/l dalam 1.5 - 4 jam.

Absorpsi oral: > 85%
Metabolisme presistemik: -
Waktu paruh plasma: 20 jam
Volume distribusi: 10.7 l/kg
Ikatan protein plasma: 99.82%

Unitrac didistribusiakan dengan luas di dalam tubuh, mencapai kadar sampai 10 kali lebih tinggi dari kadar plasma pada beberapa jaringan. Tetapi penetrasinya ke cairan serebrospinal, urine dan peritonium adalah dalam kadar yang rendah.
Pada stratum korneum, Unitrac masih dapat dideteksi sampai 4 minggu setelah penghentian terapi, yang mungkin mencerminkan affinitas obat pada sebum dan keratinosit. Metabolismenya terutama di hati dan jalur ekskresi utama adalah hapatobiliar (> 9%). Metabolit tidak memiliki aktifitas klinis.

Peringatan dan Perhatian:

  • Itraconazole terutama dimetabolisme deism hati walaupun dalam penelitian tidak ditemukan gangguan fungsi hati, namun dianjurkan untuk tidak memberikan obat pada penderita yang pernah menderita penyakit hati atau pasien yang pernah menderita hepatotoksitas dengan obat-obat lain.

  • Ibu yang menyusui, tidak dianjurkan untuk menyusui selama pengobatan dengan obat ini.

  • Pemakaian pada pediatric belum dipelajari secara teliti, oleh karena itu jangan digunakan pada pasien-pasien pediatric.

  • Pada pasien dengan fungsi ginjal yang tidak normal tidak diperlukan penyesuaian dosis.

Efek Samping:
Insiden efek samping berkisar dari sekitar 7% pada pasien-pasien dengan terapi jangka pendek sampai 17.7% pada pasien yang menggunakan Unitrac lebih lama dari 1 bulan. Efek samping kebanyakan bersifat sementara, dari ringan sampai sedang. Yang sering dilaporkan adalah gangguan gastrointestinal, pusing, pruritus dan sakit kepala.

Interaksi Obat:
- Makanan
Unitrac diabsorpsi paling baik bila diberikan bersamaan atau segera setelah makan.
- Rifampicin
Mula-mula metabolisme dari Itraconazole akan dihambat, tetapi kemudian metabolismenya akan dipercepat.
- Penggunaan bersama antasid, adsorben atau histamin H2-Antagonist dapat menurunkan absorpsi itraconazole.

Dosis:
- Kandisiasis vulvovaginal: 2 kapsul (200 mg) pagi dan 2 kapsul (200 mg) malam hari selama 1 hari atau 2 kapsul (200 mg) perhari selama 3 hari.
- Kandidiasis mulut: 1 kapsul (100 mg) perhari selama 15 hari.
- Dermatofitosis: 1 kapsul (100 mg) perhari selama 2-4 minggu.
- Pitiriasis pertikolor: 2 kapsul (200 mg) perhari selama 5 - 7 hari.
- Fungal keratitis: 2 kapsul (200 mg)perhari selama 3 minggu.
Eliminasi itraconazole pada jaringan lebih lambat daripada dalam plasma, maka efek klinik maupun mikologik yang optimal tercapai 2 - 4 minggu setelah pengobatan dihentikan.
Untuk mendapatkan absorpsi maksimum, itraconazole harus diminum segera sesudah makan.
Belum diketahui pengaruh dan efek sampingnya pada pemakaian lebih dari 1 bulan.Oleh karena itu itraconazole tidak dianjurkan digunakan lebih dari 1 bulan.

Kemasan:
Kotak berisi 10 strip x 10 kapsul.

Obat Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar atau ulasan Anda terhadap Unitrac

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top