Turunkan Berat Badan dengan Kontrasepsi

Pola Hidup 3 18.900

KINI banyak kaum hawa dengan tuntutan peran ganda sebagai ibu rumah tangga dan pekerja. Demikian juga manfaat kontrasepsi tidak hanya sebagai pencegah kehamilan, bisa sebagai sarana menurunkan berat badan.

Jika dulu peran wanita hanya sebatas pada peran reproduksi, melahirkan, mengasuh anak, peran rumah tangga, mengurus rumah, dan melayani suami, kini wanita modern juga dituntut berperan di bidang ekonomi dan berpendidikan tinggi.

Hal itu dibenarkan staf pengajar Fakultas Psikiatri Universitas Indonesia/ RSCM Dr Suryo Dharmono. Telah terjadi pergeseran dari peranan wanita tradisional ke wanita modern yang terjadi dengan waktu yang tidak sebentar.

"Bagi wanita modern, mereka harus berperan ganda karena adanya perubahan kebiasaan" jelasnya," salah seorang dokter yang hadir pada acara peluncuran Y Club, yaitu komunitas baru bagi para wanita modern.

Dengan peran ganda tersebut, setiap wanita modern harus pandai membagi waktu untuk pekerjaan, keluarga termasuk untuk dirinya sendiri. Jika wanita tidak bisa membagi waktu, maka kejenuhan dan stres yang akan didapat, bukan kenikmatan dalam mengerjakan segala sesuatu.

"Apalagi wanita cenderung dua kali lebih besar terkena serangan stres dibandingkan kaum pria," kata Suryo.

Salah satu keseimbangan dalam membagi waktu adalah memperhatikan masalah kesehatan reproduksi. Saat ini, merupakan sesuatu yang sudah umum bagi setiap wanita atau bahkan keluarga untuk melakukan perencanaan dalam menentukan jumlah anak.

Banyak cara untuk melakukan perencanaan itu, misalnya saja dengan menggunakan alat kontrasepsi. Kontrasepsi berasal dari kata kontra berarti "mencegah" atau "melawan" dan konsepsi yang berarti pertemuan antara sel telur yang matang dan sel sperma yang mengakibatkan kehamilan.

Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Biran Affandi mengatakan, singkatnya, kontrasepsi merupakan alat untuk mencegah kehamilan.

Seiring dengan berjalannya waktu, ditemukan banyak manfaat lain dari alat kontrasepsi antara lain bisa menghilangkan jerawat, mengurangi gejala perut kembung menjelang menstruasi, memperbaiki mood atau suasana hati.

Selain itu, alat pencegah kehamilan tersebut juga dapat menurunkan berat badan dan mengontrol tekanan darah.

"Selain itu, alat kontrasepsi juga mengurangi risiko kanker endometrium serta mengurangi risiko kanker indung telur. Terutama alat kontrasepsi yang memiliki kandungan Drospirenone," terang Dr Biran.

Alat kontrasepsi memiliki beragam jenis cara pemakaian, bahan baku, juga bentuknya. Pemilihan dalam penggunaannya harus dilihat dari faktor kenyamanan dan kehandalan dari alat tersebut.

Selain itu, ujar Biran, ada juga keluhan subjektif mengenai efek samping yang dirasakan dalam penggunaan alat kontrasepsi. Biasanya berupa kepala pusing dan lemas.

"Keluhan yang terjadi adalah keluhan subjektif, timbul pada bulan ke dua setelah pemakaian. Oleh karena itu, si pengguna harus teratur dalam menggunakan kontrasepsi" jelasnya.

Tag:

Info Kesehatan Terkait

3 Komentar

  1. layla Mar 24, 2015 01:45:06
    Bermanfaat: 6 / Tidak bermanfaat: 2

    Sejak saya pakai iud th 2012, wajah saya jdi ada jerawatnya. Sebelumnya tidak pernah. apa memang it efeknya?trus pengobatannya bgaimana?

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. Andriani Jun 4, 2014 22:42:11
    Bermanfaat: 51 / Tidak bermanfaat: 3

    Selamat siang,
    Saya mau tanya kontrasepsi ap yang bagus supaya badan tidak menjadi gemuk, karena saya pake kb andalana yang kapsul bb saya bertambah dari sebelumnya, atas penjelasannya di ucapkan terima kasih.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. asitirohani Feb 14, 2014 07:33:39
    Bermanfaat: 43 / Tidak bermanfaat: 2

    terus biar ga gemuk bagusnya pakai kb ap

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2018 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top