TRAMADOL
126 591.233

TRAMADOL

Kapsul
PT Sanbe Farma
Obat Analgetik
Beri rekomendasi

Indikasi:
TRAMADOL diindikasikan untuk mengobati dan mencegah nyeri yang sedang hingga berat, seperti tersebut di bawah ini: - Nyeri akut dan kronik yang berat. - Nyeri pasca bedah.

Kontra Indikasi:
- Keracunan akut oleh alkohol, hipnotik, analgesik atau obat-obat yang mempengaruhi SSP lainnya. - Penderita yang mendapat pengobatan penghambat monoamin oksidase (MAO). - Penderita yang hipersensitif terhadap TRAMADOL.

Komposisi:
Tiap kapsul mengandung:
Tramadol Hidroklorida.....................................50 mg

Cara Kerja Obat:
TRAMADOL adalah analgesik kuat yang bekerja pada reseptor opiat.
TRAMADOL mengikat secara stereospsifik pada reseptor di sistem saraf pusat sehingga menghentikan sensasi nyeri dan respon terhadap nyeri. Di samping itu TRAMADOL menghambat pelepasan neutrotransmiter dari saraf aferen yang bersifat sensitif terhadap rangsang, akibatnya impuls nyeri terhambat.

Efek Samping:
- Sama seperti umumnya analgesik yang bekerja secara sentral, efek samping yang dapat terjadi: mual, muntah, dispepsia, obstipasi, lelah, sedasi, pusing, pruritus, berkeringat, kulit kemerahan, mulut kering dan sakit kepala.
- Meskipun TRAMADOL berinteraksi dengan reseptor apiat sampai sekarang terbukti insidens ketergantungan setelah penggunaan TRAMADOL, ringan.

Perhatian:
- Hati-hati bila digunakan pada penderita dengan trauma kepala, peningkatan tekanan intrakranial, gangguan fungsi ginjal dan hati yang berat atau hipersekresi bronkus; karena dapat meningkatkan resiko kejang atau syok.
- Dapat terjadi penurunan fungsi paru apabila penggunaan TRAMADOL dikombinasi dengan obat-obat depresi SSP lainnya atau bila melebihi dosis yang dianjurkan.
- TRAMADOL tidak boleh digunakan pada penderita ketergantungan obat. Meskipun termasuk agonis opiat, TRAMADOL tidak dapat menekan gejala putus obat, akibat pemberian morfin.
- TRAMADOL sebaiknya tidak diberikan pada wanita hamil, kecuali benar-benar diperlukan.
- 0,1% TRAMADOL diekskresikan melalui ASI (Air Susu Ibu).
- TRAMADOL dapat mengurangi kecepatan reaksi penderita, seperti kemampuan mengemudikan kendaraan ataupun mengoperasikan mesin.
- Lama pengobatan
Pada pengobatan jangka panjang, kemungkinan terjadi ketergantungan, oleh karena itu dokter harus menetapkan lamanya pengobatan. Tidak boleh diberikan lebih lama daripada yang diperlukan.

Interaksi Obat:
- Penggunaan TRAMADOL bersama dengan obat-obat yang bekerja pada SSP (seperti: tranquillizer, hipnotik), dapat meningkatkan efek sedasinya.
- Penggunaan TRAMADOL bersama dengan tranquillizer juga dapat meningkatkan efek analgesiknya.

Dosis:
Seperti halnya obat-obat analgesik, dosis harus diatur sesuai dengan beratnya rasa sakit dan respon klinis dari penderita.
Dosis untuk dewasa dan anak berumur di atas 14 tahun:
Dosis tunggal: 1 kapsul.
Dosis perhari: hingga 8 kapsul.
Apabila sakit masih terasa, dapat ditambahkan dosis tunggal kedua 1 kapsul TRAMADOL lagi, setalah selang waktu 30 - 60 menit.
Pada penderita dengan gangguan fungsi ginjal dan hati, perlu dilakukan penyesuaian dosis.

Kemasan:
Dus isi 5 strip @ 10 kapsul.

Penyimpanan:
Simpan di tempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Obat Terkait

126 Komentar

  1. berfikir sebelum bertindak Sep 14, 2014 06:04:27 oleh muhammad fadil arafah di makassar
    Bermanfaat: 9 / Tidak bermanfaat: 8

    Kelebihan: yah bagi yang rese dokter

    Kekurangan: sangat negatif apabila kita menyalagunakan obat ini

    karna obat ini memabukkan dan tingkah laku maupun sikap kita selalu negatif

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. 15butir skali telen,. 10 di awal 5 stengah jam berikutnya Sep 9, 2014 12:42:30 oleh odel tattoo di cibubur
    Bermanfaat: 10 / Tidak bermanfaat: 9

    Kelebihan: tenang,.slowly,mengkhayal tingkat tinggi,.. kayak lagi jalan di dalem aer,..hehehehee,..

    Kekurangan: klo kebanyakan bisa oper dosis,.tapi gak ampe mati sih,.. coz w sering banget od. udah 20x lebih. tapi pas sadar badan sakit semua,.. kayak di pukulin orang sekampung.

    sama kayak keterangan di atas.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. coba krn dikasih temen Sep 8, 2014 12:28:15 oleh hendro di jatim
    Bermanfaat: 10 / Tidak bermanfaat: 10

    Kelebihan: gk tau

    Kekurangan: iya

    dpt info dr temen katanya ini obat bisa tahan lama utk berhubungan seks. minum satu kapsul tdk bereaksi apa2, minum 2 sekaligus baru terasa, tubuh spt fly, keringat dingin, mual, sempoyongan. utk ngeseks mmg sensitif penis jd hilang tp aliran darah ke penis berkurang alias ereksi kurang

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  4. - Aug 30, 2014 22:08:19 oleh Agie di Karawang
    Bermanfaat: 8 / Tidak bermanfaat: 3

    Kelebihan: 1 Hari neken 2

    Kekurangan: Neken 1 gakerasa

    Semenjak gua tau ada obat ini, gua sering neken ni obat hingga 1 hari 2 kapsul. obat ini membawa gua ke angkasa :D

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  5. tramadol (odol) Aug 19, 2014 11:54:42 oleh jack di cirebon
    Bermanfaat: 9 / Tidak bermanfaat: 7

    Kelebihan: enak buat kerja keras

    Kekurangan: gak make 1 hari badan sakit semua

    dulu saya gak tau apan tu barang

    pas di kasih ma temen ,katanya enak buat kerja

    y gue coba

    hampir aja ketergantungan gara" nhe obat

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
1234567891011121314151617181920212223242526

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top