TRAMADOL
126 591.234

TRAMADOL

Kapsul
PT Sanbe Farma
Obat Analgetik
Beri rekomendasi

Indikasi:
TRAMADOL diindikasikan untuk mengobati dan mencegah nyeri yang sedang hingga berat, seperti tersebut di bawah ini: - Nyeri akut dan kronik yang berat. - Nyeri pasca bedah.

Kontra Indikasi:
- Keracunan akut oleh alkohol, hipnotik, analgesik atau obat-obat yang mempengaruhi SSP lainnya. - Penderita yang mendapat pengobatan penghambat monoamin oksidase (MAO). - Penderita yang hipersensitif terhadap TRAMADOL.

Komposisi:
Tiap kapsul mengandung:
Tramadol Hidroklorida.....................................50 mg

Cara Kerja Obat:
TRAMADOL adalah analgesik kuat yang bekerja pada reseptor opiat.
TRAMADOL mengikat secara stereospsifik pada reseptor di sistem saraf pusat sehingga menghentikan sensasi nyeri dan respon terhadap nyeri. Di samping itu TRAMADOL menghambat pelepasan neutrotransmiter dari saraf aferen yang bersifat sensitif terhadap rangsang, akibatnya impuls nyeri terhambat.

Efek Samping:
- Sama seperti umumnya analgesik yang bekerja secara sentral, efek samping yang dapat terjadi: mual, muntah, dispepsia, obstipasi, lelah, sedasi, pusing, pruritus, berkeringat, kulit kemerahan, mulut kering dan sakit kepala.
- Meskipun TRAMADOL berinteraksi dengan reseptor apiat sampai sekarang terbukti insidens ketergantungan setelah penggunaan TRAMADOL, ringan.

Perhatian:
- Hati-hati bila digunakan pada penderita dengan trauma kepala, peningkatan tekanan intrakranial, gangguan fungsi ginjal dan hati yang berat atau hipersekresi bronkus; karena dapat meningkatkan resiko kejang atau syok.
- Dapat terjadi penurunan fungsi paru apabila penggunaan TRAMADOL dikombinasi dengan obat-obat depresi SSP lainnya atau bila melebihi dosis yang dianjurkan.
- TRAMADOL tidak boleh digunakan pada penderita ketergantungan obat. Meskipun termasuk agonis opiat, TRAMADOL tidak dapat menekan gejala putus obat, akibat pemberian morfin.
- TRAMADOL sebaiknya tidak diberikan pada wanita hamil, kecuali benar-benar diperlukan.
- 0,1% TRAMADOL diekskresikan melalui ASI (Air Susu Ibu).
- TRAMADOL dapat mengurangi kecepatan reaksi penderita, seperti kemampuan mengemudikan kendaraan ataupun mengoperasikan mesin.
- Lama pengobatan
Pada pengobatan jangka panjang, kemungkinan terjadi ketergantungan, oleh karena itu dokter harus menetapkan lamanya pengobatan. Tidak boleh diberikan lebih lama daripada yang diperlukan.

Interaksi Obat:
- Penggunaan TRAMADOL bersama dengan obat-obat yang bekerja pada SSP (seperti: tranquillizer, hipnotik), dapat meningkatkan efek sedasinya.
- Penggunaan TRAMADOL bersama dengan tranquillizer juga dapat meningkatkan efek analgesiknya.

Dosis:
Seperti halnya obat-obat analgesik, dosis harus diatur sesuai dengan beratnya rasa sakit dan respon klinis dari penderita.
Dosis untuk dewasa dan anak berumur di atas 14 tahun:
Dosis tunggal: 1 kapsul.
Dosis perhari: hingga 8 kapsul.
Apabila sakit masih terasa, dapat ditambahkan dosis tunggal kedua 1 kapsul TRAMADOL lagi, setalah selang waktu 30 - 60 menit.
Pada penderita dengan gangguan fungsi ginjal dan hati, perlu dilakukan penyesuaian dosis.

Kemasan:
Dus isi 5 strip @ 10 kapsul.

Penyimpanan:
Simpan di tempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Obat Terkait

126 Komentar

  1. gw bingung Jan 2, 2013 07:32:33 oleh heri setiawan di bekasi barat
    Bermanfaat: 20 / Tidak bermanfaat: 1

    Kelebihan: lebih semangat untuk melakukan aktivitas

    Kekurangan: kecanduan

    sob gw mau minta solusi dari kalian semua, gimana menurut kalian cara menghindari obat"an seperti tramadol, jujur semenjak gw make obat ini hdup gw trasa lbih smngat dan gx ada beban .. tpi gw mikir apa itu smua reaksi dri obat ini???
    gw udah kecanduan sob, gimana cara menghilangkan kecanduan ini?? hdup gw udh ketergantungan sma obat sob ..
    gw mau hidup sehat sob, seperti temen" gw atau halnya orang" biasa .. .

    pleace sob gimana cara menghilangkan kecanduan ini????

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. JABLON Dec 29, 2012 11:42:12 oleh krishna di cirebon
    Bermanfaat: 5 / Tidak bermanfaat: 3

    Kelebihan: semangat kerja

    Kekurangan: mual, kejang2,pusing dan lemas

    buat saya TMD paling top,

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. kejang saat berkendara Dec 27, 2012 07:44:41 oleh myogha aditya di tangerang
    Bermanfaat: 10 / Tidak bermanfaat: 0

    Kelebihan: merasa damai sendiri

    Kekurangan: kecanduan dan kejang

    gini sob ceritanya... saat gua lagi mengendarai motor tiba-tiba gua pingsan,,, padahal gua gak ngerasain apa-apa, mual engga pusing engga abis pingsan gua langsung kejang kejang kya orang ayan,,,

    mulai sekarang sob kita coba aja cara hidup sehat.. lebih baik sehat dari pada kejebur ke hal kya gituan

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  4. Tips Berhenti Make TMD Dec 24, 2012 07:57:00 oleh Goendoel BISA di Sragen
    Bermanfaat: 14 / Tidak bermanfaat: 0

    Kelebihan: Tenang,Damai,Happy.

    Kekurangan: Candu,

    Gw jg pernah make itu obat bersama teman" nongkrong waktu dulu,terlebih intensitasnya sering hmpir tiap hari.. .
    Tapi kelamaan gw sadar itu hnya merusak tubuh gw sndiri akhirnya gw mutusin untuk berhenti make tu obat,

    Kunci utama untuk menghilangkan candu terhadap obat khususnya TMD adalah niat yg kuat jgn setengah",jg keyakinan yg kuat bahwa lu bisa lepas dari obat itu.

    Inget guys,sayangi diri lu sndiri...jgn Racuni tubuh lu ndiri.
    Thanks

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  5. Cara Lepaskan Ketergantungan TRAMADOL Dec 24, 2012 04:41:50 oleh brendz di Bekasi Timur
    Bermanfaat: 23 / Tidak bermanfaat: 0

    Kelebihan: semua benar kata teman-teman

    Kekurangan: semua benar kata teman-teman

    Awalnya kata teman2 ga percaya kalo penggunaan tramadol pada jangka panjang dapat menyebabkan BAB Darah, Kayak org kurang darah lalu jatuh kejang2 kayak org ayan.
    itu sudah terbukti pada saya sebelum terlambat, tips biar bsa lepas dri ketergantungn obat ini mudah sob.
    1. Niat
    2. Terapi Air Putih : stiap bangun tidur minum air putih sebanyak 4gelas (200ml), biarin mual/kembung sedikit akibat minum air putih. klo sampe muntah gpp itu tandanya toxin (racun) dlm tubuh perlahan keluar.
    3. Minum obat penambah darah setelah makan 1kapsul/hari, karna slama ini darah kita ditekan rendah oleh Tramadol.
    4. Kalo setiap hari aktivitas kita masih lemah/ga semangat, wajar aja karna ini langkah pelepasan ketergantungan. coba hisap VITACIMIN karna vitamin C berperan penting untuk daya tahan tubuh.
    5. kalo emang ga bsa lepas juga turunkan dosis dan lebih jarang penggunaannya.
    6. ayo sobat ini sudah terbukti, daripada mati di usia muda... dan dekatkan diri pada yg kuasa. karna racun yg masuk kedalam diri kita tidak akan langsung terlihat dampaknya, tapi stelah beberapa tahun kemudian.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
1234567891011121314151617181920212223242526

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top