Studi: Antibiotik Berhubungan dengan Obesitas Anak

Anak Dan Balita 0 2.764

Sebuah studi di Amerika Serikat (AS) menyatakan, anak-anak yang diberi antibiotik dalam dua tahun pertama kehidupan mereka beresiko lebih besar untuk menjadi gemuk pada usia dini.

Penelitian ini didasarkan pada catatan medis dari 65.000 anak antara tahun 2001-2013.

Peneliti menemukan fakta bahwa bayi yang diberi antibiotik dalam dua tahun pertama dalam spektrum luas, setidaknya 16 persen lebih mungkin untuk menjadi gemuk pada usia 5.

"Hal ini disebabkan karena dalam 24 bulan pertama kehidupan akan terbentuk kebiasaan konsumsi makanan, pertumbuhan dan pembentukan microbiome usus. Hal-hal ini dapat membuka kerentanan khusus untuk efek antibiotik," kata salah seorang peneliti.

Temuan yang telah dipublikasikan di JAMA Pediatrics ini juga menyimpulkan bahwa antibiotik spektrum sempit direkomendasikan sebagai pengobatan lini pertama untuk infeksi anak secara umum. Dan ini tidak terkait dengan obesitas (kelebihan berat badan).

Ministry of Health Chief Adviser Child and Youth Health, Dr Pat Tuohy mengatakan bahwa hasil studi baru ini merupakan pengingat berguna untuk praktisi medis agar berhati-hati ketika meresepkan antibiotik spektrum luas bagi anak-anak.

"Dalam banyak kasus, spektrum antibiotik sempit lebih efektif dan memiliki efek samping lebih sedikit. Pada saat yang sama, penting untuk mengingatkan orang tua bahwa jika anak Anda memiliki infeksi bakteri yang signifikan dan dokter memberikan resep antibiotik, Anda harus memastikan bahwa antibiotik disediakan dari apoteker yang kompeten dan anak Anda harus menghabiskannya sesuai dengan arahan dokter," katanya.

Menanggapi hasil penelitian ini, Profesor Wayne Cutfield dari pusat penelitian kesehatan anak Auckland Liggins Institute mengatakan, masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa ada antibiotik yang mungkin membunuh bakteri, tapi membuat anak menjadi obesitas.

"Memang ada beberapa bakteri yang mampu mengisap kalori untuk diberikan kepada si anak (si empunya tubuh)," katanya.

Menurut Survei Departemen Kesehatan Selandia Baru yang terbaru, satu dari sembilan anak usia 2 sampai 14 tahun mengalami obesitas dan 22 persen lainnya mengalami kelebihan berat badan. Namun fakta ini belum tentu akibat banyaknya antibiotik yang mereka konsumsi sebelumnya.

Hal negatif tentang antibiotik yang masih dipercaya dunia medis saat ini adalah dokter sebaiknya meminimalisir penggunaan antibiotik, karena bisa mengakibatkan resistensi.

Tag:

Info Kesehatan Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar Anda terhadap Studi: Antibiotik Berhubungan dengan Obesitas Anak

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top