Neo-Mercazole
1 24.381

Neo-Mercazole

Tablet
PT Nicholas Lab
Obat Hormon
Beri rekomendasi

Indikasi:
Neo-Mercazole diindikasikan pada keadaan dimana penurunan aktifitas tiroid diperlukan yaitu: - Pengobatan tirotoksikosis (sebagai terapi utama) - Persiapan sebelum tiroidektomi (pasien tertentu) - Pengobatan kombinasi dengan radio aktif ablatif.

Kontra Indikasi:
- Pada penderita yang telah mengalami penyembuhan pada trakhea (tracheal obstruction), karena dalam dosis tinggi dapat mempengaruhi pembesaran kelenjar tiroid, sehingga gejala-gejala obstuksi dihambat. - Penderita yang hipersensitif terhadap Carbimazole.

Komposisi:
Tiap tablet mengandung:
Carbimazole BP 5 mg.

Terapi Antitiroid
Neo-Mercazole mengandung bahan aktif Carmibazole BP, merupakan anti-tifoid yang bekerja dengan cara menghambat yodinasi tirosin, dengan demikian mencegah pembentukan hormon tiroid.

Dosis:
Dosis permulaan:
- Kasus ringan: 3 - 4 kali sehari dibagi dalam beberapa kali.
- Kasus sedang: 6 tablet sehari dibagi dalam beberapa kali pemberian.
- Kasus berat: 8 - 9 tablet sehari dibagi dalam beberapa kali pemberian.
- Dosis pemeliharaan: 1 - 3 tablet sehari.

Peringatan dan Perhatian:

  • Pemberian pada ibu dalam masa laktasi dianjurkan untuk tidak menyusui bayinya selama dalam pengobatan dengan Neo-Mercazole.

  • Obat-obat anti tiroin dapat menyebabkan golter kongenital dengan menghambat sintesa tiroksin pada janin, selama kehamilan obat ini sebaiknya hanya digunakan setelah dipertimbangkan antara kebutuhan ibu dengan resiko terhadap janin. Selama kehamilan taraf metabolisme meningkat, maka bila diperlukan dosis Carbimazole disesuaikan.

  • Pemberian pada kehamilan 3 bulan terakhir, bila mungkin tidak melebihi 15 mg/hari dan sebaiknya pemberian dihentikan 3 - 4 minggusebelum melahirkan.

  • Pemberian Carbimazole sebaiknya dihentikan sementara pada saat penggunaan yodium radio aktif.

  • Sebaiknya pengobatan dihentikan dan segera memberitahu dokter bila terjadi gejala-gejala sakit tenggorokan, demam atau gangguan pada kulit.

  • Pada beberapa penderita, hitung sel darah putih perlu dilakukan, terutama kalau ada bukti klinis infeksi.

Efek Samping:
Belum pernah dilaporkan adanya efek samping yang berarti pada penggunaan Neo-Mercazole.
Pada penderita yang sensitif, kemungkinan bisa terjadi efek samping seperti: nausea, sakit kepala, dan gangguan lambung ringan (mild gastric distress), kadang-kadang dapat pula terjadi gangguan ringan pada kulit (minor skin rashes) yang dapat disembuhkan dengan pemberian antihistamin tanpa penghentian penggunaan Neo-Mercazole.
Bila timbul reaksi terhadap Neo-Mercazole biasanya terjadi pada 8 minggu pertama pengobatan, misalnya agranulositosis, tenggorokan kering, demam, ruam kulit, artralgia, nausea, sakit kepala, hilangnya atau berkurangnya pigmen rambut.

Penyimpanan:
Simpan di tempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya.

Obat Terkait

1 Komentar

  1. oleh di
    Bermanfaat: / Tidak bermanfaat:

    Kelebihan:

    Kekurangan:

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top