Makanan Perangsang Hormon Tidur

Pola Hidup 0 6.960

Rasa mengantuk yang membuat kita lebih mudah tertidur timbul karena adanya hormon melatonin. Selain itu hormon serotonin yang menenangkan juga akan membantu tubuh lebih rileks sehingga kantuk pun lebih mudah datang. Jika Anda termasuk orang yang sering mengisi malam dengan berbagai camilan, tak ada salahnya mengganti jenis snack Anda dengan bahan pangan yang akan mempercepat tidur. Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan Pooja Vig, Ahli Nutrisi dari The Nutrition Clinic.

1. Buah Kiwi

Melatonin adalah hormon yang membantu Anda merasa rileks dan bisa cepat tidur dan Pooja mengatakan buah kiwi merupakan penguat melatonin alami. Mengonsumsi dua buah kiwi sebagai snack makan malam dipercaya bisa membuat tidur Anda lebih baik di malam hari.

2. Daging

Triptofan merupakan asam amino yang membantu otak untuk memproduksi serotonin. Serotonin adalah bahan kimia yang dapat menenangkan dan membantu Anda tetap rileks. Sumber baik serotonin dapat ditemukan dalam makanan berprotein tinggi seperti ayam, ikan telur, dan kacang. Sumber tertinggi triptofan ada pada kalkun. Inilah yang menjelaskan mengapa setelah seseorang makan daging selalu merasa mengantuk.

3. Susu

Jika Anda selalu merasa gelisah dan sulit untuk memejamkan mata minumlah segelas susu hangat pada malam hari. Hal ini akan membantu tubuh lebih santai dan tidur pun akan semakin nyenyak. Susu banyak mengandung hormon triptofan yang dapat menimbulkan rasa kantuk dan membantu tidur lebih nyenyak.

Tag:

hormon  tidur  buah  daging  susu  

Info Kesehatan Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar Anda terhadap Makanan Perangsang Hormon Tidur

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top