Hilangkan Jerawat Batu dengan Cara Ini

Tips 1 2.581

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang paling parah, karena dapat menimbulkan benjolan lembut berwarna merah yang penuh nanah dan juga dapat menyebabkan gatal.
Penyebab timbulnya jerawat batu adalah minyak dan sel kulit mati yang pecah, sehingga menimbulkan infeksi.
Ketika kulit mulai berjerawat, dr. Rahajeng A.P seperti dikutip di Meet Doctor, sebaiknya segera mengobatinya dengan berkonsultasi pada dokter spesialis kulit dan kelamin.
Tujuannya adalah agar jerawat tidak berkembang dan menyebar ke bagian lainnya, karena jerawat batu juga dapat timbul di beberapa bagian tubuh, seperti muka, dada, punggung, lengan serta bahu.
Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut sebagai upaya untuk menghilangkan jerawat batu:
1. Menggunakan air bersih sesering mungkin untuk mencucui muka.
2. Usahakan untuk tidak menggunakan pelembap tebal, terutama krim di daerah yang terkena jerawat karena dapat menyumbat pori-pori.
3. Antibiotik oral dapat membantu dalam mengontrol perkembangan bakteri serta peradangan. Tetapi, harus sesuai dengan resep atau rekomendasi oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.
4. Perlu diketahui, bahwa pil KB tidak hanya berfungsi untuk mencegah terjadinya pembuahan. Tetapi pil KB ternyata juga dapat mengatur hormon pada wanita. Akan tetapi, konsultasikan dahulu penggunaan pil KB dengan dokter yang menangani Anda.
5. Isotretinoin atau accutane adalah salah satu jenis obat jerawat berbentuk pil yang dapat Anda konsumsi sebanyak 1 atau 2 kali dalam kurun waktu 5 bulan untuk memperkecil risiko penyebaran jerawat batu. Tapi perlu diketahui, bahwa obat ini tidak disarankan untuk ibu hamil.
6. Pastikan Anda tidak menggunakan alkohol karena kandungan di dalamnya dapat meningkatkan peradangan.
Namun, jika jerawat batu semakin parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar jerawat batu tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Tag:

Info Kesehatan Terkait

1 Komentar

  1. Keiskei Indonesia Jun 11, 2015 01:08:15
    Bermanfaat: 0 / Tidak bermanfaat: 0

    Artikel ini sangat membantu saya KEISKEI INDONESIA

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top