HELTISKIN
1 14.724

HELTISKIN

Krim
Konimex
Obat Antiseptik
Beri rekomendasi

Indikasi:
Untuk pengobatan topikal yang disertai infeksi kulit seperti pada: Tinea cruris, tinea corporis dan tinea pedis yang disebabkan oleh Trichophyton rubrum, Trichophyton mentogrophytas, Epidermophyton floccosum, Microsporum canis.

Kontra Indikasi:
Pasien yang hipersensitif terhadap komponen obat ini.

Komposisi:
Clotrimazole 1%, Betamethasone Dipropionate 0,064% (setara 0,05% Betamethasone base)

Cara Kerja Obat:
Clotrimazole adalah suatu senyawa antifungi dengan spektrum luas dan digunakan untuk pengobatan infeksi dermal yang disebabkan oleh spesies patogen dan dermatofit, ragi dan malassezia furfur. Mekanisme kerja Clotrimazole adalah menghalangi pembelahan dan pertumbuhan organisme. Betamethasone Dipropionate adalah glucocorticoid yang bekerja sebagai antipruritus dan vasokonstriktor serta anti inflamasi (radang).

Aturan Pakai:
Tinea cruris dan Tinea corporis: Oleskan pada kulit yang terinfeksi 2x sehari (pagi dan malam) selama 2 minggu. Perbaikan klinis ditandai dengan hilangnya aritema dan pruritus biasanya setelah 3 - 5 hari penggunaan. Jika setelah penggunaan > 1 minggu tidak terjadi perbaikan klinis maka diagnosa perlu ditegakkan kembali dan jika penggunaan > 2 keadaan tidak berubah maka perlu diberikan terapi alternatif dengan preparat antifungi tunggal. Jangan digunakan dengan pembalut oklusif.
Tinea pedis: Oleskan pada kulit yang terinfeksi 2x sehari (pagi dan malam) selama 4 minggu. Perbaikan klinis ditandai dengan hilangnya eritema dan pruritus biasanya setelah 3 - 5 hari penggunaan. Jika setelah penggunaan > 2 minggu tidak terjadi perbaikan klinis maka diagnosa perlu ditegakkan kembali dan jika penggunaan > 4 keadaan tidak berubah maka perlu diberikan terapi alternatif dengan preparat antifungi tunggal. Jangan digunakan dengan pembalut oklusif.

Efek Samping:
Iritasi, burning dan contact allergic dermatitis.
Kulit kering, gatal-gatal, iritasi, hipopigmentasi, rasa seperti tersengat, kulit melepuh dan mengelupas, maserasi kulit, atrofi kulit, eritema, urtikaria, pruritus, erupsi menyerupai akne, folikulitis, hipertrikosis, perioral dermatitis, striae, miliaria, infeksi sekunder, supressi poros-HPA, sindroma cushing dan hipertensi intrakarnial (pernah dilaporkan pada anak-anak yang mendapat kartikosteroid topikal).
Manisfestasi supressi poros-HPA pada anak-anak dapat berupa: retardasi pertumbuhan linear, berat badan terhambat, kadar kortisol plasma yang rendah dan tidak ada respon stimulasi ACTH.

Penyimpanan:
Simpan di tempat sejuk dan kering.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Obat Terkait

1 Komentar

  1. oleh di
    Bermanfaat: / Tidak bermanfaat:

    Kelebihan:

    Kekurangan:

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top