Gastrozepin
0 19.117

Gastrozepin

Tablet
PT Boehringer Ingelheim
Obat Pencernaan
Beri rekomendasi

Indikasi:
Ulkus lambung dan duodenum yang akut dan kronis, gastritis dan duodenitis.

Kontra Indikasi:
Pirenzepine sebaiknya tidak diberikan pada pasien yang diketahui hipersensitif terhadap zat-zat yang terdapat dalam Gastrozepin.

Komposisi:
Tiap tablet mengandung:
25 mg 5,11-dihydro-11-[(4-methyl-1-piperazinyl)acetyl]-6H-pyrido[2,3,b] = [1,4]benzodiazepin-6-onedihydrochloride monohydrate (= pirenzepine dihydrochloride).

Khasiat:
Pirenzepine bekerja secara selektif dengan memblok reseptor muskarinik, sehingga menurunkan produksi asam lambung dan meningkatkan pH lambung. Pada dosis terapeutik pirenzepine tidak menembus sawar darah otak.

Perhatian:
Pirenzepine sebaiknya digunakan secara hati-hati pada pasien dengan:
- galukoma
- hipertrofi prostat.

Masa Kehamilan dan Menyusui:
Hasil uji preklinis menunjukkan tidak berbahaya, tetapi keamanan penggunaan selama kehamilan masih memerlukan p0enelitian lebih lanjut. Seperti pada semua obat, pemakaian pada triwulan pertama kehamilan harus diperhatikan.
Pirenzepine masuk ke dalam air susu ibu, sehingga efek antikolinergik dapat terjadi pada bayi yang disusui.

Interaksi Obat:
Perangsangan sekresi asam lambung oleh makanan dan obat-obatan tertentu (misalnya alkohol, kafein, dan sebagainya) kadang-kadang dapat dikurangi.
Pemakaian pirenzepine bersama-sama obat penghambat reseptor-H2 menimbulkan pengurangan sekresi asam lambung yang lebih jelas lagi, hal ini sangat berguna untuk pasien yang menderita simdrom Zollinger-Ellison.
Efek obat antiimflamasi tidak terganggu kalau diberikan bersama-sama dengan pirenzepine. Bahkan toleransi gastrointestinal obat-obat ini diperbaiki.

Dosis dan Cara Pemberian:
Kecuali kalau ditentukan lain, 50 - 150 mg per hari dalam dosis terbagi.
Pada umumnya berikanlah 50 mg dua kali sehari, pagi dan malam. Selama 2 - 3 hari pertama pengobatan, kadang-kadang pasien perlu diberikan dosis tambahan di siang hari.
Obat ini harus diminum 1/2 jam sebelum makan.
Meskipun terjadi perbaikan subyektif yang cepat, bagaimanapun juga pasien seharusnya tidak mengurangi atau menghentikan terapi yang ditentukan dokter.
Terapi dengan Gastrozepin seharusnya dilakukan 4 - 6 minggu.

Kelebihan Dosis:
Gejala-gejala:
Sampai saat ini, gejala-gejala kelebihan dosis pada manusia belum pernah dilaporkan. Tetapi, dalam dosis besar pirenzepine dapat menimbulkan efek antikolinergik seperti: kulit terasa panas, kering dan kemerahan, mulut kering, midriasis, delirium, takikardia, ileus, retensi urin, gerakan mioklonus yang mendadak, choreo-athetosis.
Terapi:
Walaupun kejadian kelebihan dosis Gastrozepin sangat jarang, tetapi bila terjadi segera lakukan penanganan secara umum seperti: pemberian "activated charcoal", kuras lambung.
Hemodialisa, hemoperfusi, diarisa pertonial dan pemberian charcoal berulang-ulang tidak efektif untuk menghilangkan efek antikolinergik. Pada kasus keracunan berat (misalnya hipertemia, delirium berat atau takikardia) dapat diberikan physotigmine secara intravena.
Bila terjadi glaukoma akut berikan obat tetes miotik dan segera dibawa ke dokter spesialis.

Penyimpanan:
Simpan di tempat sejuk dan kering, di tempat aman, jauh dari jangkauan anak-anak.

Obat Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar atau ulasan Anda terhadap Gastrozepin

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top