Fakta Seputar Payudara (Bagian 1)

Pola Hidup 0 3.209

Bulan Oktober yang merupakan bulan kepedulian terhadap kanker payudara. Di Indonesia, kanker ini merupakan penyebab kematian nomor satu. Kabar baiknya, kini banyak wanita mampu melawan kanker payudara karena melakukan pendeteksian dini.

Anda perlu mengetahui informasi ini untuk mengetahui fakta tentang payudara.

1. Sebagian besar wanita memiliki ukuran payudara kiri lebih besar daripada payudara kanan. Hanya beberapa wanita yang mempunyai ukuran payudara yang sama. Perbedaan ukuran mencapai 20 % persen pada payudara tergolong normal.

2. Normalnya payudara membesar pada dua atau empat tahun setelah seorang remaja mengalami haid pertama.

3. Kanker payudara adalah kanker mematikan kedua bagi wanita. Yang pertama adalah kanker paru-paru.

4. Ternyata laki-laki juga dapat mengidap kanker payudara. Bahkan, ada sekitar 2190 kasus baru di tahun 2014. Peter Criss dari grup band rock ‘Kiss’ adalah salah satu pengidap kanker payudara.

5. Wanita dapat menurunkan risiko kanker payudara  dengan menjaga berat badan, berhenti merokok, olahraga secara rutin, mengurangi konsumsi alkohol dan menghindari serta membatasi terapi sulih hormon setelah menopause.

6. Lembaga Internasional Penelitian Kanker menemukan bukti bahwa orang yang sering kerja shift malam berIsiko besar menderita kanker payudara.

7. Kanker payudara dapat menyerang siapa saja. Wanita terkenal yang berjuang melawan penyakit ini antara lain Sheryl Crow, Kylie Monogue, Olivia Newton-John, Melissa Etheridge, Brigitte Bardot, dan masih banyak lagi.

8. Orang Mesir kuno adalah yang pertama mencatat penyakit ini lebih dari 3.500 tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan tulisan yang ada di lembar papirus yang berisi deskripsi yang sama dengan deskripsi modern tentang kanker payudara. Salah satu ahli bedah Mesir kuno mendeskripsikannya sebagai tumor yang menonjol di payudara dan mengatakan bahwa tidak ada obatnya.

9. Dari 98 persen populasi perempuan sebaiknya melakukan pemeriksaan payudara dengan mammogram mulai umur 40.

10. Sekitar 1 dari 8 perempuan didiagnosa menderita kanker payudara.

Tag:

Info Kesehatan Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar Anda terhadap Fakta Seputar Payudara (Bagian 1)

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2018 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top