Dexamethasone 0,5 mg
49 845.908

Dexamethasone 0,5 mg

Tablet
PT Harsen
Obat Analgetik
Beri rekomendasi

Indikasi:
Dexamethasone Harsen adalah obat anti inflamasi dan anti alergi yang sangat kuat. Sebagai perbandingan Dexamethasone 0.75 mg setara obat sbb: 25 mg Cortisone, 20 mg hydrocortisone, 5 mg prednisone, 5 mg prednisolone.

Kontra Indikasi:
- Dexamethasone Harsen tidak boleh diberikan pada penderita herpes simplex pada mata; tuberkulose aktif, peptio ulcer aktif atau psikosis kecuali dapat menguntungkan penderita. - Jangan diberikan pada wanita hamil karena akan terjadi hypoadrenalism pada bayi yang dikandungnya atau diberikan dengan dosis yang serendah-rendahnya.

Komposisi:
Tiap tablet Dexamethasone Harsen mengandung:
a. Dexamethasone ................. 0.5 mg.
b. Dexamethasone ................. 0.75 mg.
Tiap ml injeksi Dexamethasone Harsen mengandung:
Dexamethasone Sodium phosphat ..... 5 mg.

Uraian dan Penggunaan:
Dexamethasone Harsen adalah obat anti inflamasi dan anti alergi yang sangat kuat. Sebagai perbandingan Dexamethasone 0.75 mg setara obat sbb: 25 mg Cortisone, 20 mg hydrocortisone, 5 mg prednisone, 5 mg prednisolone.
Dexamethasone Harsen praktis tidak mempunyai aktivitas mineral conticoid dari cortisone dan hydrocortisone, sehingga pengobatan untuk kekurangan adrenocotical tidak berguna.
Obat ini digunakan sebagai glucocorticoid khususnya: untuk anti inflamasi, pengobatan rheumatik arthritis dan penyakit colagen lainnya, alergi dermatitis dll, penyakit kulit, penyakit inflamasi pada masa dan kondisi lain dimana terapi glukocorticoid berguna lebih menguntungkan seperti penyakit leukemia tertentu dan lymphomas dan inflamasi pada jaringan lunak dan anemia hemolytica.

Efek Samping:
- Pengobatan yang berkepanjangan dapat mengakibatkan efek katabolik steroid seperti kehabisan protein, osteoporosis dan penghambatan pertumbuhan anak.
- Penimbunan garam, air dan kehilangan potassium jarang terjadi bila dibandingkan dengan beberapa glucocorticoid lainnya.
- Penambahan nafsu makan dan berat badan lebih sering terjadi.

Dosis:
Dewasa:
Oral: 0.5 mg - 10 mg per hari
(rata-rata 1.5 mg - 3 mg per hari)
Parenteral: 5 mg - 40 mg per hari
Untuk keadaan yang darurat diberikan intra vena atau intra muskular.
Anak-anak: 0.08 mg - 0.3 mg/kg berat badan/perhari dibagi dalam 3 atau 4 dosis.

Perhatian:
- Kekurangan adrenocotical sekunder yang disebabkan oleh pengobatan dapat dikurangi dengan mengurangi dosis secara bertahap.
- Ada penambahan efek Corticosteroid pada penderita dengan hypothyroidism dan chirrhosis.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Obat Terkait

49 Komentar

  1. pengalaman pribadi saat mengkonsumsi obat dexametason Jul 7, 2014 10:09:58 oleh YAHYA GOBEL di GORONTALO
    Bermanfaat: 24 / Tidak bermanfaat: 10

    Kelebihan: Menambah nafsu makan menghilangkan letih, lelah menambah stamina

    Kekurangan: ketergantungan

    Saya mengalami berbagai macam penyakit

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. dexametasone sangat berbahaya Jun 22, 2014 02:57:51 oleh ikhsan di indonesia
    Bermanfaat: 43 / Tidak bermanfaat: 10

    Kelebihan: mampu mencegah alergi, dan anti radang

    Kekurangan: obaat ini dapat menimbulkan efrk samsing yang berbahaya,.

    hindari lah obat ini.obat ini sangat berbahaya , memang kerja obat ini sangat cepat, tapi efek samping yang ditumbulkan lebih mengancam nyawa anda. pengguna yang telah mengkonsumsi oabt ini tidak bisa berhenti lansung, harus dengan mengurangi dosis nya dari hari ke hari

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. Dexamethazone Jun 10, 2014 02:24:19 oleh Andi Pangestu di Bogor
    Bermanfaat: 70 / Tidak bermanfaat: 7

    Kelebihan: Menghilangkan radang, Menyegarkan badan, Nafsu makan bertambah

    Kekurangan: Menyebabkan ketergantungan

    Mulanya saya mengkonsumsi dexamethazone karena radang tenggorokan , batuk dan diberi dokter Dexamethazone untuk menghilangkan radangnya. Effeknya memang sungguh cepat, radang tenggorokan hilang dan batuk juga sembuh, tentunya bersama obat batuk dan juga antibiotik. Lalu saya menyadari dexa juga menambah nafsu makan , karena memang saya kurus akhirnya saya mengkonsmsi Dexa untuk mendapatkan effek nafsu makan dan menambah berat badan. Untuk mencegah osteoporosis saya mengkonsumsi CDR. Karena berat badan bertambah (dari 60 menjadi 67 Kg) maka badan terasa berat ketika berkegiatan karena itu saya berolahraga secara teratur antara lain Tennis dan Cycling. Sekarang saya sudah mulai dapat menyesuaikan diri dengan berat badan yang 67 Kg dan bergerak hampir selincah sebelumnya. Saya mengkonsumsi Dexa 0,75 mg tidak setiap hari hanya bila merasa kurang fit badan saja dan untuk mempertahankan berat badan yang sudah dicapai .

    Saya pikir setiap obat ada positif dan negatifnya , sebagai konsumen kita yang harus tahu bagaimana kemampuan badan kita untuk menerima effek baik yang positif maupun yang negatif nya, demikian yang saya alami dengan dexa.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  4. aku ketergantungan Jun 8, 2014 20:14:03 oleh Rovie di Jakarta
    Bermanfaat: 16 / Tidak bermanfaat: 3

    Kelebihan: sembuh sesaat

    Kekurangan: ketergantungan

    Beberapa bulan terkahir aku mengalami gatal-gatal, banyak yang bilang aku kena kaligata (biduran), aku pikir awalnya hanya karena alergi dingin, tapi rupanya saat panas pun gatal-gatal itu tetap muncul. Aku sangat tersiksa , sudah pake bedak salicyl tetap saja tidak sembuh. Aku ke klinik di berilah bufacaryl , aku minum benar saja gatal itu ilang, namun ternyata hanya sesaat dan aku harus terus meminumnya sampai sekarang.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  5. dexamethasone May 19, 2014 14:11:34 oleh feno ariel di jkt
    Bermanfaat: 37 / Tidak bermanfaat: 5

    Kelebihan: meringankan alergi

    Kekurangan: banyak

    Sy pernah kena gatal-gatal pada jari tangan,melepuh,berair n ga mau sembuh.. Sama gejalanya ama beberapa pertayaan di treat ini.. Trus make dexamethasone,sembuh tapi ga optimal,yang Ada justru ketergantungan,klo berenti kambuh lagi,efek mengkonsumsi..laper, kulit wajah bersih,wajah gemuk,lemes klo ga mengkonsumsi..Dan itu sempat berlanjut taunan sampai saya membaca efek samping dari obat ini.. Berenti total make.. Efeknya lemes ga bergairah,muka kasar,komedoan Dan kembali ga doyan makan lagi.. Trus masalah gatalnya..? Sy kedokter nganterin ortu.. Sekalian aja nanya masalah gatelnya(malusih sebenernya.. Biasa orang indo.. Bego kan..?) Trus di kasih salep.. Hanya salep(Sori lupa namanya)hanya dua hari gatal taunan sembuh bgitu aja.. Saran saya.. Klo Ada masalah kesehatan langsung aja kedokter dari pada improvisasi obat.. Bahaya.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
12345678910

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top