Benarkah Mandi Hujan Bisa Sebabkan Sakit?

Pola Hidup 0 2.127

Kita pasti masih ingat nasihat orangtua sejak kecil yang mengatakan jangan mandi hujan-hujanan agar tidak sakit. Tentu saat kecil kita menganggap larangan tersebut menyebalkan karena mandi hujan sangatlah menyenangkan.

Larangan untuk mandi hujan tersebut ternyata telah dibuktikan secara ilmiah. Kondisi basah dan dingin bagaimana pun bisa membuat kita rentan terkena flu.

Dalam penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Cardiff, para responden diminta untuk merendam kaki mereka ke dalam air es selama 20 menit, sementara responden lainnya meletakkan kaki mereka ke dalam baskom kosong.

Selama 4-5 hari kemudian, hampir sepertiga responden yang merendam kakinya di air dingin mengalami gejala-gejala flu, sementara di kelompok kontrol hanya 9 persen saja.

"Permukaan tubuh yang kedinginan, terutama kaki, bisa menyebabkan gejala flu lebih cepat muncul, terutama pada orang yang sudah ada virus flu," kata Ron Eccles dari pusat penelitian flu dan selesma.

Mengapa hal itu terjadi memang belum diketahui secara jelas. Tetapi salah satu teori menyebutkan, kedinginan akan menyebabkan tubuh membatasi aliran darah ke bagian tertentu, termasuk hidung, untuk menjaga temperatur tubuh. Hal ini bisa membuat tubuh lebih rentan infeksi.

Tag:

mandi  hujan  sakit  flu  

Info Kesehatan Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar Anda terhadap Benarkah Mandi Hujan Bisa Sebabkan Sakit?

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top