Asma Pada Anak Berhubungan dengan Nutrisi Ibu Saat Hamil

Anak Dan Balita 0 14.251

Peneliti mempresentasikan penelitian terbarunya tentang hubungan antara nutrisi ibu hamil dan stress dengan terjadinya asma pada anak, dalam pertemuan tahunan American Academy of Allergy, Asthma and Immunology di Miami awal Maret 2006 kemarin.


Hasil temuannya menjelaskan bahwa ibu yang sedang hamil bila rutin mengkonsumsi vitamin D akan menekan risiko timbulnya asma pada anak yang dikandungnya. Kekurangan vitamin D dapat menimbulkan gejala asma, bahkan diduga akan meningkat dua kali lipat dibandingkan mereka yang tidak mengalami defisiensi vitamin D, dikatakan Dr. Carlos Camargo, peneliti senior dan seorang profesor dibidang medicine dan epidemiology, pada Harvard Medical school, Boston. Camargo dan timnya memantau pasangan ibu dan anak selama lebih dari tiga tahun.

Pada saat anak berusia 2 tahun, akan tampak jelas hubungan antara tingginya asupan vitamin D saat ibu tersebut hamil dengan rendahnya risiko terjadinya wheezing dan asma pada anak, ia mengatakan dalam presentasinya. Hasil penelitian sebelumnya menyebutkan, bahwa defisiensi vitamin D memiliki dampak bagi perkembangan sistem imun janin. Camargo mengatakan, sumber vitamin D dapat diperoleh dari kebiasan makan seperti mengkonsumsi susu, ikan dan berbagai suplemen.

Para ahli dari Kanada mendapatkan bahwa wanita hamil yang menderita asma tampaknya akan lebih besar memperoleh bayi yang lahir prematur dan berat badan bayi rendah (BBLR). Selain itu dalam surveynya terhadap 13.980 anak yang lahir di Manitoba didapatkan ibu yang menderita asma, rata-tara sebanyak 2,78 kali lebih tinggi memiliki bayi yang lahir kurang dari 28 minggu usia gestasi dan 3,04 kali lebih tinggi memiliki bayi yang lahir kurang dari 32 minggu usia gestasi bila dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak menderita asma.

Kelompok peneliti lain dari Universitas yang sama menemukan bahwa anak yang laihr dari ibu yang menderita stres ( depresi atau anxietas) mengalami 1,3 kali lebih banyak menderita asma. Risikonya akan menjadi lebih tinggi lagi bila ibu mengalami stres yang berulang-ulang, dikatakan Anita Kozyrskyj, pemimpin peneliti dan profesor dibidang farmasi.

Tag:

asma  nutrisi  hamil  

Info Kesehatan Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar Anda terhadap Asma Pada Anak Berhubungan dengan Nutrisi Ibu Saat Hamil

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2018 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top