Askorbat - Asam (Vitamin C)
0 10.986

Askorbat - Asam (Vitamin C)

Tablet
Obat Standar
Vitamin dan Suplemen
Beri rekomendasi

Indikasi:
Pencegahan dan terapi defisiensi vitamin C (termasuk skorbut).

Kontra Indikasi:
N/A

Berperan dalam pembentukan substansi antar sel dan jaringan kolagen yang merupakan bagian dari jaringan ikat. Juga diperlukan dalam pr*uiurrgun sel darah merah, dan pembentukan tulang serta dintin.

Defisiensi
Karena vitamin C mempunyai banyak fungsi fisiologik dalam tubuh, maka defisiensi vitamin C akan berakibat luas, terutama berupa pelunakan jaringan penunjang dari berbagai organ tubuh, terutama pada tulang dan pembuluh darah. Pada tulang yang sedang tumbuh, te{adi gangguan pertumbuhan, pembengkakan ujung tulang panjang, perdarahan periosteum dan osteoporosis pada orang dewasa. Gigi mengalami resorpsi dan atofi dentin, serta gangguan pada alveoli gigi, sehingga gigi mudah lepas. Gusi melunak, mudah berdarah dan membengkak. Fragilitas dinding pembuluh darah meningkat, sehingga hauma ringan mudah menimbulkan perdarahan kulit, otot, gusi dan tulang.

Kebutuhan Sehari:
RDA vitamin C:
Bayi: 35 mg/ hari.
Anak dan Dewasa: 60 mg/hari. Kebutuhan meningkat pada orang yang menderita sesuatu penyakit, seperti tuberculosis, neoplasms, hipertiroid dan sesudah operasi, sertakehamilan & menyusui. Dosis tinggi (megadosis) misalnya untuk influenza masih diragukan kegunaannya.

Efek Samping:
Diare. Pengasaman urine oleh vitamin C dapat memudahkan kristalisasi oksalat dan sistin.

Perhatian
Tetrasiklin dan obat epilepsi dapat mempercepat ekskresi vitamin C. Sebaliknya, vitamin C dapat pula mempengaruhi ekskresi obat-obat yang diberikan bersamaan.

Nama obat dan nama produsen Askorbat-Asam (Vitamin C):
ASKORBIN (Kimia Farma), BEKAMIN C FORTE (Kimia Farma), BIFERCE (Sanbe), CEBION (Merck), EXTRACE (Ethica), FIT.C (Soho), IKACEE (Ikapharmindo), PONCOCEE (Armoxindo Farma), REDOXON DOUBLE ACTION (Roche), SWEETA C (Combiphar), VICEE 500 (Prafa), WIACIMIN (takeda), VITALONG C TRC (Bernofarm), VITAMIN C Kimia FARMA ( Kimia Farma ), VITAMIN C SOHOIETHICA (SoholEthica), XON-CE (Kalbe Farma).

Obat Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar atau ulasan Anda terhadap Askorbat - Asam (Vitamin C)

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top