AMLODIPIN
0 15.601

AMLODIPIN

Tablet/Injeksi
Obat Standar
Lain-lain
Beri rekomendasi

Indikasi:
Pengobatan hipertensi. Dapat digunakan tunggal untuk mengontrol tekanan darah pada sebagian besar penderita. Penderita2 yang tidak terkontrol dengan pengobatan amlodipin tunggal, dapat diberikan amlodipin dengan kombinasi diuretika golongan thiazida, inhibitor beta-adrenoreseptor atau inhibitor angiotensin converting enzym. Pengobatan iskemia miokord baik untuk angina stabil atau angina varian/Prinznetal . Dapat digunakan sebagai terapi tunggal atau dikombinasi dengan obat-obat anti angina lainnya

Kontra Indikasi:
Penderita-penderita yang sensitif terhadap dihidropiridin.

Amlodipin adalah inhibitor influks kalsium (antagonis ion kalsium) yang menghambat influks ion2 kalsium transmembran kedalam jantung dan otot polos. Mekanisme kerja antihipertensi amnaipin karena efek relaksasi secara langsung pada otot polos vaskular. Mekanisme yang tepat dari amlodipin untuk meringankan angina belum sepenuhnya diketahui, tetapi amlodipin memperkecil iskemia total dengan 2 cara berikut:

1. Menimbulkan dilatasi arteriola perifer sehingga memperkecil tahanan perifer total (afterload) terhadap kerj a j antung. Karena tidak menimbulkan refleks takikardia, maka konsumsi energi dan kebutuhan oksigen miokard menurun. Hal ini
dapat meningkatkan efektivitas amlodipin terhadap iskemia miokard.

2. Menimbulkan dilatasi arteri koroner utama dan arteriolakoroner, baik pada keadaan normal maupun iskemia.Dilatasi ini meningkatkan penyampaian oksigen miokardial pada penderita dengan spasmearteri koroner (angina Prinzmetal atau angina varian).

Setelah pemberian dosis terapeutik secara oral, amlodipin diabsorpsi dengan baik dan kadar puncak dalam plasma tercapai 6-12 jam setelah pemberian. Kadar mantap dalam plasma tercapai 7-8 hari setelah pemberian secara terus menerus sehari sekaii. Sebanyak 97,50 amlodipin dalam sirkulasi terikat protein plasma.
Pada penderita hipertensi, pemberian dosis sekali sehari memberikan penurunan tekanan darah yang bermakna secara klinis baik pada posisi telentang/berdiri setelah interval 24 jam.Karena mula kerja yang lambat maka tidak terjadi hipotensi akut setelah pemberian amlodipin.
Pada penderita angina, pemberian dosis sekali sehari meningkatkan waktu exercise total dan menurunkan frekuensi serangan angina dan konsutnsi tablet nitrogliserin. Amlodipin tidak mempengaruhi efek metabolit atau perubahan-perubaha lemak dalam plasma.

Dosis
Hipertensi dan angina : Dosis Lazim adalah 5mg sekali sehari, dapat ditingkatkan sampai maksimum 7,Smg/hari tergantung respons penderita secara individual. Hipertensi: Dosis awal dapat dimulai dengan 2,5mg.
Tidak ada penyesuaian dosis amlodipin bila diberikan bersama-sama dengan diuretik thiazida, penyekat beta atau inhibitor angiotensin converting enrp.
Overdosis: Walaupun tidak ada penelitian yang menyebutkan tentang overdosis amlodipin, tetapi dari data yang ada menunjukkan bahwa overdosis dapat menyebabkan vasodilatasi perifer yang berlebihan dengan tanda selanjutnya berup'a hipotensi sistemik yang lebihlama.
Hipotensi yang bermakna secara klinik karena overdosis amlodipin memerlukan dukungan kardiovaskular aktif termasuk pemantauan jantung dan fungsi pernafasan, peninggian anggota badan, dan perhatian terhadap volume cairan sirkulasi dan pengeluaran urin.
Bahan vasokonstriktor dapat membantu memulihkan tegangan vaskular dan tekanan.darah; diberikan bila tidak ada kontra indikasi terhadap penggunaannya.Karena amlodipin sebagian besar terikat protein, dialisis tidak menguntungkan. Pada beberapa kasus, pencucian lambung dapat membantu menurunkan laju absorpsi amlodipin.

Efek samping
Amlodipin dibleransi dengan baik Efeli samping yang umum terjadi adalah sakit kepala, edema, lelah, mual, kemerahan (flushing), dan pusing2. Tidak ada kelaianan tes laboratorium yang bermakna secara klinis yang berkaitan dengan amlodipin.

Peringatan dan perhatian
Penggunaan pada penderita dengan gagal ginial.
Amlodipin sebagian besar dimetabolisir menjadi metabolit inaktif dimana 10% diekskresikan dalam bentuk utuh melalui urin. Perubahan-perubatran kadar amlodipin dalam plasma tidak ada korelasi dengan derajat kegagalan ginjal.Amlodipin dapat digunakan pada penderita gagal ginjal dengan dosis normal. Amlodipin tidak dapat didialisis.

Penggunaan pada penderita dengan kegagalan fungsi hati
Waktu paruh amlodipin lebih panjang pada penderita dengan kegagalan fungsi hati dan rekomendasi dosis belum ditetapkan.Sebaiknya perlu perhatian khusus penggunaan obat ini pada penderita dengan kegagaln fungsi hati.

Pengganaan pada ibu hamil dan menyusui
Keamanan penggunaan amlodipin pada ibu hamil dan mcnyusui belurn dibuktikan.Penggunaan pada ibu hamil dan menyusui hanya direkornendasikan bila tidak ada alternatif lain yang lebih aman dan bila penyakitnya itu sendiri membawa resiko yang lebih besar terhadap ibu dan anak.

Penggunaan pada anak-anak
Karena tidak ada percobaan klinik pada penderita anak-anak, arnlodipin tidak direkomendasikan secara langsung.

Penggunaan pada penderita laniut usia
Walaupun penderita lansia kemungkinan memiliki kadar amlodipin dalam plasma yang lebih tinggi dibanding penderita yang lebih muda, tetapi waktu paruh eliminasi terminalnya sama. Amlodipin yang digunakan pada dosis yang sama baik pada penderita lanjut usia maupun penderita yang lebih muda, sama-sama ditoleransi; sehingga untuk penderita lansia direkomendasikan pemberian dosis normal.

Interaksi Obat
Amlodipin aman diberikan bersama diuretik thiazida, penyekat beta (beta blocker), inhibitor angiotensin-converting enzym, long-acting nitrat, nitrogliserin sublingual, obat-obat AINS (anti inflamasi non steroid), antibio'tika dan obat hipoglikemik oral. Pada penelitian khusus disebutkan bahwa pemberian amlodipin ber-sama-sama digoksin tidak mengubatt kadar digoksin dalam serum . Pemberian bersama simetidin tidak mengubah farmakokinetika amlodipin.

Nama Obat dan Produsen Amlopidin:
NORVASK (Pfizer) , TENSIVASK (Dexa Medica).

Obat Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar atau ulasan Anda terhadap AMLODIPIN

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top