ACYCLOVIR
0 8.801

ACYCLOVIR

Tablet
Hexphar
Lain-lain
Beri rekomendasi

Indikasi:
. Herpes simplex pada kulit dan selaput lendir termasuk herpes genitalis yang initial dan rekuren. . Herpes zoster. . Untuk supresi (pencegahan kambuhnya) infeksi herpes simplex rekuren pada penderita immune competent. Untuk profilaksis/pencegahan infeksi herpes simplex pada pasien immune compromised. . Varicelia zoster.

Kontra Indikasi:
Hipersensitif terhadap acyclovir.

Acyclovir adalah obat antivirus yang secara klinis terbukti efektif untuk pengobatan infeksi virus herpes simplex type I dan II, virus varicella zoster, herpes genital primer dan sekunder, juga herpes neonatorum.

Obat ini merupakan derivat guanin. Didalam sel yang terinfeksi virus herpes, acyclovir mengalapi fosforilasi menjadi bentuk aktif acyclovir-trifosfat, 30-100 kali lebih cepat dari pada di dalam sel yang tidak terinfeksi.

Acyclovir trifosfat bekerja sebagai penghambat dan sebagai substrat dari herpes specified DNA polymerase sehingga mencegah sintesa DNA dari virus lebih lanjut tanpa mempengaruhi proses sel yang normal.

Hanya sekitar 15-30% acyclovir diabsorpsi di saluran cerna. Sedangkan absorpsi transcutaneus acyclovir sedikit sekali. Pemberian oral 400 mg acyclovir menglrasilkan kadar puncak sekitar 1,2 mcglmlsetelatr -/+ 1,5 jam. Bioavailabilitas acyclovir oral berkisar antara 15-30%.

Waktu paruh eliminasi acyclovir pada penderita dengan fungsi ginjal normal adalahsekitar 2,5 jam,sedangpada neonatus ialah 3,8 jam. Obat ini terikat pada protein plasma hanya sekitar 9-33% dan dapat dibersihkan secara hemodialisis pada kasus keracunan.

Efek Samping:
. Gangguan pada saluran pencemaan berupa mual, muntah dan diare.
. Ruam kulit, sakitkepala.
. Reaksi neurologis yang reversibel antara lain: dizziness, confusion state, halusinasi dan somnolen pemah dilaporkan. Biasanya ditemukan pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal atau faktor predisposisi lainnya.
. Kerontokan rambut secara menyebar pemah juga dilaporkan, tetapi karena kerontokan tersebut berkaitan dengan berbagai jenis penyakit dan obat-obatan, hubungan antara kejadian tersebut dengan terapi acyclovir belum jelas.
. Lain-lain kejadian yang dilaporkan jarang terjadi pada pasien-pasien yang mendapatkan acyclovir per oral termasuk peningkatan ringan yang bersifat
sementara dari bilirubin dan enzim-enzim yang berhubungan dengan hati, sedikit peningkatan pada urea dan creatinine darah, sedikit penurunan pada indeks hematologik, sakit kepala dan rasa lelah.
. Rasa terbakar atau perih yang berlangsung sementara, kulit agak kering dan mengelupas.

Peringatan Dan Perhatian:
. Pada penderita usia lanjut dengan gangguan fungsi ginjal, takaran dikurangi.
. Mutagenesitas:
Hasil dari percobaan mutagenesitas yang secara in-vitro dan in-vivo menunjukkan bahwa acyclovir tidak mengakibatkan resiko genetik pada manusia.

Nama Obat Dan Produsen Acyclovir
ACYCLOVIR ( Hexpharm ), ACYCLOVIR (Iruto Fanna). AZOVIR (Medikon), CLINOVIR (Pharos), CLOPES (Metiska Fanna), CLOVIKA (Ikapharmindo), DANOVIR (Dankos), DUMOPHAR (Alpharma), HERPICLOV/HERPICLOV FORTE (Nufarindo), KENROVIR (Darya Varia), NEVIM (Guardian Pharmatama), POVIRAL (Kalbe Farma), SCANOVIR (Tempo Scan Pacific), VIRCELLA (Galenium Pharmasia ), VIRCOVIR (Corsa), VIRDAM (Pyridam), VIRETH (Ethica), VIRPES (Bernofarm), VIRTAZ-200 (Fahrenheit), VIRULES (Kimia Farma), ZOREL (Ferron), ZOTER (Interbat), ZOVIRAX (Glaxdo Smith Kline), ZUMASID (Prima Hexal ).

Obat Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar atau ulasan Anda terhadap ACYCLOVIR

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2017 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top